Pantai Tawang Pacitan : Barisan Indah Puluhan Perahu Nelayan

Menikmati keindahan alam di kawasan Kabupaten Pacitan rasanya tidak ada habisnya, apalagi pantai-pantai di pesisir timur Kabupaten Pacitan mulai dari kecamatan Sudimoro hingga kecamatan Donorojo sepanjang kurang lebih 70 Kilometer yang selalu memanjakan mata untuk menikmatinya. Selain Pantai Klayar dengan Seruling Samuderanya, Pantai Srau dengan ombak ganas surga para selancar, kali ini saya yang ingin saya bahas adalah Pantai Tawang. 
Pantai Tawang merupakan salah satu pantai di pesisir Kabupaten Pacitan yang juga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang secara administrasi berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan ( -8.2600848,111.2860188  ). Akses menuju pantai Tawang ini saat ini cukuplah mudah, dari alun-alun Kabupaten Pacitan sekitar 30 kilo meter mengarah ke timur melalui Jalur Lintas Selatan (JLS Pacitan), atau lebih tepatnya 2 kilometer timur dari Pantai Soge sebelah kanan jalan kita akan menemukan sebuah gerbang masuk bertuliskan Tempat Pelelangan Ikan Pantai Tawang Desa Sidomulyo.

Hal unik yang saya temukan begitu sampai di Pantai Tawang ini adalah pemandangan kapal-kapal nelayan yang seakan tertata rapi seperti pasukan yang sedang berbaris. Apalagi ketika saya mencoba menaiki bukit sebelah kanan dari TPI ( -8.262063,111.2872963 ), dari atas bukit tersebut terlihat kapal-kapal tersebut semakin indah untuk di jadikan backround sebuah foto.


Menurut informasi yang saya dapatkan, pada pagi hingga siang hari di TPI Tawang ini kita dapat membeli ikan-ikan hasil buruan para nelayan setempat yang masih segar hasil berlayar pada hari itu juga. Selain itu, terdapat pula warung yang menjual makanan maupun makanan ringan dan aneka snack untuk sekedar pengganjal perut para wisatawan.


Bicara tentang biaya masuk, ketika saya berkunjung kesana sekitar bulan september yang lalu, kami tidak menemukan satupun petugas yang menarik tiket masuk dan uang parkir, alias disini masih gratis. Namun meskipun masih gratis, Pantai Tawang ini masihlah sepi dari pengunjung dan wisatawan, yang ada hanyalah para nelayan yang sibuk mempersiapkan kapal-kapal mereka dan para ibu-ibu yang mengelola hasil berlayarnya.



Memandang ke arah timur dari atas bukit, kita bisa melihat luasnya Segara Anakan yang di kelilingi oleh bukit-bukit kecil dan Samudra Hindia di seberang dari bukit-bukit tersebut. Kadang pula kita bisa melihat perahu-perahu yang pulang dari berlayar juga yang semakin memperindah backround kita untuk mengambil sedikit foto. 



BACA JUGA :
Pantai Ndaki, Surga Pacitan Yang Tersembunyi Cocok untuk Camp
Pantai Kaliuluh, Disini Kutemukan Keperawanan
Pantai Kasap Pacitan, Panorama Raja Ampatnya Pacitan!
Pantai Tawang Pacitan : Barisan Indah Puluhan Perahu Nelayan
Replika Pantai Papuma Jember Kini Ada di Pacitan

Tamu yang baik selalu meninggalkan komentar :) terima kasih
EmoticonEmoticon