AMIN, AAMIN, AMIIN, atau AAMIIN?

Abis tarawih yaa? pasti tadi di sela-sela sholat tarawih Berdoa dipimpin Imam atau yang tukang pimpin doa kan? dan kita tinggal bilang Amin aja. 

Eh, ngomong-ngomong yang bener itu Amin, Aamin, atau Aamiin yaa? Udah tau apa makna kata itu?

Melafatkan kalimat Aamiin yang benar adalah dengan melafatkan dengan memanjangkan Alif (a) dan min, apabila hal ini tidak di laksanakan, akan mengakibatkan pengartian yang berbeda.

Dalam Bahasa Arab ada empat (4) perbedaan kata "AAMIIN" yaitu,

1. Amin (alif dan min sama pendek), artinya : AMAN, TENTRAM.
2. Aamin (alif panjang, min pendek), artinya : MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN.
3. Amiin (alif pendek, min panjang), artinya : JUJUR TERPERCAYA.
4. Aamiin (alif dan min sama panjang), artinya: YA ALLAH KABULKAN DO'A KAMI..

Okeee. udah jelas yaa, semoga informasi sedikit ini bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Dan semoga ibadah kita di 10hari terakhir Bulan Ramadhan 1435H kali ini makin membawa berkah bagi diri kita sendiri dan bagi orang-orang di sekitar kita.

3 komentar

This comment has been removed by the author.

kalau copas diedit dulu gan, jangan langsung dipaste,, tuh tulisannya jadi putih putih agak manis gimana gitu ..wkwkwkakakaka

ᴹᵃᵃfyaaa...tapi kalau niat anda mauu share, sebaiknya anda mencantumkan darimana sumber anda soal pengucapan amin ini. Lagipula, saya ∂αη yg lain yg membaca tulisan anda, tidak tahu ςіαƿα anda. Apakah anda ahli bahasa arab, seorang ulama, atau seorang mahasiswa. Karena [d̲̅i̲̅] biodata anda, yg anda tulis hanyalah biodata biasa. Bukan riwayat yg menunjukkan ςіαƿα anda. Jadi menurut saya, tulisan anda ini kurang bisa dipertanggungjawabkan.

Tamu yang baik selalu meninggalkan komentar :) terima kasih
EmoticonEmoticon